//
you're reading...
Wordpress.com

Cara memasang widget histats di wordpress.com

cara memasang widget histats

Assalamu’alaikum… Akang – Teteh,

Pada kali ini saya akan coba membahas tentang bagaimana cara memasang widget HiStats di wordpress.com atau bisa juga disebut wordpress gratisan. Memang kekurangan dari wordpress.com ini adalah tidak bersahabat dengan yang namanya javascript. Sepertinya anti banget dengan javascript. Oleh karena itu, pemasangan widget HiStats tidak bisa langsung tempel, memang harus ada yang di edit-edit dikit. Sip… langsung aja ya. Jadi yang saya tahu, caranya seperti berikut ini;

Saya asumsikan kita sudah daftar di akun HiStats.

OK… Lanjut ya…

Buka akun http://www.histats.com anda.
Pilih (klik) web wordpress anda yang akan dipasang widget HiStats. Saya ambil contoh, http://www.yangsayatahu.wordpress.com

cara memasang widget histats

Setelah itu klik Counter Code.

cara memasang widget histats

Lalu kita akan diarahkan untuk memilih style histats yang sesuai dengan selera.

cara memasang widget histats

Saya ambil contoh, yang 4 lines. Lalu klik style pilihan kita.

cara memasang widget histats

Setelah style dipilih, aktifkan checklist informasi yang akan ditampilkan,

———– []————
Visitors today, yang berkunjung pada hari ini.
Total visitors, akumulasi pengunjung yang pernah berkunjung ke blog wordpress.com kita.
Page views today, yang mengunjungi setiap page (halaman) pada hari ini.
Total page views, akumulasi pengunjung yang mengunjungi setiap page (halaman).
User online, pengunjung yang pada saat itu sedang online (berkunjung, real time) di blog kita.
———– []————

cara memasang widget histats

Kita bisa juga memilih warna background yang kita suka. Setelah semua sesuai dengan pilihan dan selera kita, pilih Save.

Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini;

cara memasang widget histats

PERHATIAN !
————————————————————————————————————————-
Pilih yang no javascript, sekali lagi yang no javascript, karena wordpress.com tidak mengijinkan adanya javascript, beda dengan wordpress.org atau penggunaan hosting berbayar yang menggunakan CMS WordPress, penggunaan javascript diperbolehkan.
————————————————————————————————————————-

Lalu kita copy kan kode HTML nya, untuk kita paste kan ke Widget > Text di blog wordpress.com kita.

Buka Admin area (Dashboard) wordpress.
Pilih (1) Appearance > Widget
Pilih (2)Text, lalu drag widget text nya ke sidebar.
Lalu (3) Paste kan kode html nya.

cara memasang widget histats

YANG HARUS DIPERHATIKAN
KARENA BANYAK YANG MELAKUKAN KESALAHAN PADA TAHAP INI

Nah, disini seru nya akang – teteh, yang saya tahu ada source code yang dirubah;

cara memasang widget histats

cara memasang widget histats

cara memasang widget histats

Diantara kurung siku ([) dengan gigya, jangan ada spasi.
Diantara tanda kutip () dengan src, harus ada spasi.
Kalau setelah “transparent” sebelum /], ada atau tidak ada spasi sama saja, aman.

Setelah itu Save.

Lalu kita coba cek, lihat tampilan widget blog nya. Insya Allah, Widget HiStats akan tampil di blog wordpress.com kita.

cara memasang widget histats

Mungkin itu saja cara yang saya tahu, cara memasang widget histats di wordpress.com.

Bila terkesan menggurui saya mohon maaf, karena ini merupakan pengalaman saya, lebih detail, lebih terbantu, apalagi untuk awam seperti saya. Terima kasih sudah mampir.

Wassalamu’alaikum…

Discussion

13 thoughts on “Cara memasang widget histats di wordpress.com

  1. Thanks banget infonya. sangat berguna. ternyata harus ada yg di edit. pantesan saya gak bisa-bisa.

    Posted by littlebabysiwon | December 21, 2013, 00:36
  2. keren

    Posted by ㈠aba $ema$a | August 1, 2014, 17:32
  3. Setelah masang hitstat pengunjungnya jadi kelihatan :D

    http://goo,gl/346rTL (art design)

    Posted by pre | October 20, 2014, 09:52
  4. Terima kasih banget Om. :)

    Posted by mailbactiar | October 20, 2014, 22:26
  5. punya saya muncul tampilan histats nya,tapi ko ga ada keterangan jumlah view nya :(

    Posted by technineindonesia | December 6, 2014, 13:37

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: